Olahraga yang Bisa Dilakukan Bunda Sambil Membawa Bayi Dalam Stroller

Bunda sibuk mengurus urusam rumah tangga dan buah hati. Ditambah pekerjaan kantor seringkali membuat banyak Bunda kehilangan waktu untuk olahraga dengan benar. Jangan takut hal itu terjadi terhadap Bunda. Ternyata, ada beberapa olahraga yang tetap bisa dilakukan ketika  mengajak bayi jalan-jalan keluar rumah menggunakan stroller. Jenis olahraga tersebut yaitu:

1. Jogging bisa dilakukan ketika mendorong stroller ke taman dekat rumah

Pakai sepatu lari Bunda saat hendak membawa jalan-jalan bayi dengan stroller pada pagi atau sore hari. Momen tersebut bisa Bunda manfaatkan untuk melakukan jogging ringan. Sembari mendorong stroller berisi bayi, ibu bisa berlari-lari dalam intensitas yang rendah. Lari adalah olahraga yang mudah dan aman dilakukan oleh semua jenis Bunda pasca melahirkan.

Bunda hanya perlu memastikan stroller bayi cukup kuat untuk didorong sambil berlari keliling komplek. Pastikan juga posisi duduk atau tidur bayi pas saat berada di dalam stroller-nya. Pilihlah jogging track yang rata agar bayi tidak mengalami guncangan saat berada di dalam stroller. 

2. Lakukan yoga dengan stroller bayi sebagai alat bantu

Bunda juga bisa membawa bayi jalan-jalan dengan stroller sambil melakukan olahraga yoga, lho. Bahkan, Bunda bisa memanfaatkan stroller bayi sebagai salah satu alat bantu. Sejak tahun 2017 lalu, sudah ada sebuah aliran yoga baru, yaitu Stroga. Jenis yoga ini merupakan gabungan dari penggunaan stoller dan  posisi yoga.

Stroller jadi alat untuk membantu berbagai gerakan asana dan postur keseimbangan. Daripada menggunakan dinding, Stroga menempatkan pegangan stroller untuk menjaga keseimbangan. Hal ini juga memungkinkan Bunda untuk mencoba aneka gerakan yang lebih menantang. Kalau bayi terlihat nyaman tidur di dalam stroller, Bunda bisa meninggalkannya untuk melakukan postur lainnya.

3. Squat dapat memperkuat otot perut ibu

Kalau biasanya squat dilakukan dengan gerakan tangan lurus menghadap ke depan, kini bisa divariasikan dengan bertumpu dipegangan stroller. Bunda dapat mulai berdiri dengan kedua tangan di pegangan stroller. Posisi kaki terbuka lebih lebar dari kereta dorong, dada condong ke depan dengan posisi bahu ke belakang.

Pastikan jari-jari kaki Bunda sedikit menonjol ke arah depan. Tumpukan berat ke bagian tumit, lalu jongkok hingga tinggi paha sejajar. Kemudian, kembali berdiri sambil menekan kaki ibu. Gerakan itu bisa dilakukan sebanyak 10 kali dalam dua kali sesi.

4. Senam menggunakan stroller bisa dilakukan di luar dan dalam ruangan

Senam juga menjadi alternatif pilihan olahraga yang tepat dilakukan kala Bunda sedang menghabiskan waktu berjalan-jalan bersama bayi dengan menggunakan stroller. Kalau tidak ingin melakukannya di taman, Bunda bisa melakukannya di teras depan rumah. Senam ringan saja, seperti meregangkan kedua tangan, paha, kaki, perut, hingga punggung. Beberapa gerakan juga bisa melibatkan stroller bayi sebagai alat bantu. Misalnya, gerakan menyeimbangkan tubuh.

5. Dance menghibur Bunda sambil mengeluarkan keringat

Biasanya, para Bunda di kompleks perumahan rutin menari di taman dengan membawa bayi mereka di dalam stroller. Musik diputar kencang dan tubuh bisa langsung bergoyang. Bunda bisa mengikuti gerakan instruktur di depan atau menari bebas sesuai irama musik. Sesekali menengoklah ke dalam stroller untuk tersenyum dan menyapa si kecil. Kalau bayi terlihat bersemangat, jangan ragu ajak dia untuk ikut menari dalam dekapan ibu.

Jadi, jangan anggap Bunda tidak punya waktu olahraga lagi, ya. Sebab dengan bantuan stroller, Bunda tetap bisa menjaga bayi sambil tetap menggerakkan tubuh. Namun, perhatikan jenis stroller yang digunakan, ya. Pastikan aman dan mampu menjaga tubuh bayi saat dibawa untuk beraktivitas. Sumber: review.bukalapak.com

Open chat
1
Halo, Selamat datang di Bayibu.com

Kirim Pesan Whatsapp seputar pembelian produk di Aimbebe (bayibu.com/shop)