Manfaat Bayi Mandi Air Dingin dan Air Hangat Yang Perlu Diketahui Setiap Orang Tua

Merawat bayi merupakan salah satu proses yang harus dilakukan dan dilewati oleh setiap ibu sebagai perannya menjadi sosok orang tua sejak bayi lahir dari proses persalinan. Proses peralinan yang akan terjadi setelah 40 minggu kehamilan tersebut menjadi awal peran ibu sebagai orang tua secara langsung yang sebenarnya sudah menjadi sebuah tanggung jawab yang secara spontan harus dijalani demi menjaga kondisi perkembangan bayi agar berjalan secara normal.

Dalam prosesnya merawat bayi tersebut ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan dan dilakukan mulai dari memperhatikan dan menyiapkan kebutuhan nutrisi bagi bayi. Nutrisi atau makanan bagi bayi sangat penting bagi proses perkembangnanya dan yang paling disarankan adalah dengan proses menyusui. Menyusui menjadi salah satu proses dimana akan ada banyak manfaat asi untuk bayi yang dapat membantu proses pertumbuhan, menjaga kesehatan, dan lain sebagainya.

Selain memberikan nutrisi, ibu juga perlu memperhatikan segala hal terkait bayi termasuk kebersihan tubuhnya karena memang bayi belum dapat menjaga tubuhnya sendiri. Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan terkait kondisi kebersihan bayi adalah memandikannya. Memandikan bayi biasanya secara kebiasaan ibu akan menggunakan air hangat namun ternyata penggunaan air dingin lebih banyak memberikan manfaat pada bayi. Berikut ini beberapa manfaat bayi mandi air dingin yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

Lebih Baik Mandi Air Hangat Atau Air Dingin

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat bayi mandi air dingin maka akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai manakah yang lebih baik digunakan untuk mandi bayi air hangat apa air dingin. Penjelasan ini juga dapat membantu memberikan pemahaman pada ibu terkait kebutuhan mandi bayinya yang tepat karena terkadang ada beberapa kesalahan penafsiran seperti bayi yang mandi air dingin dapat terserang flu ataupun mandi dengan air panas tidak baik untuk kulit dan tubuh bayi.

Menurut penjelasan berbagai pakar kesehatan bayi diketahui bahwa penggunaan air saat memandikan bayi memang tidak ada anjuran khusus karena memang menggunakan air dingin maupun air hangat sama saja dan memiliki manfaat serta kecocokan penggunaannya masing masing. Air dingin dan air hangat dapat digunakan pada bayi seseuai dengan kebutuhan yang ada. Baik air dingin maupun air hangat tentu ada manfaatnya masing masing bagi bayi.

Nah, berikut ini adalah masing-masing manfaat dari mandi air dingin dan hangat.

1. Mandi air hangat bermanfaat untuk:

  • Meredakan stres dan atasi insomnia. Mandi air di sore hari dipercaya mampu membantu tubuh lebih rileks sehingga istirahat makin berkualitas.
  • Temperatur air mandi yang agak tinggi mampu membunuh lebih banyak kuman dan bakteri. Serta menyapu minyak dan kotoran secara lebih optimal.
  • Bagi penderita batuk, flu, dan demam, mandi dengan air hangat akan membuat tubuh terasa lebih baik. Beberapa penelitian juga menyebutkan tentang kegunaan mandi atau berendam air hangat untuk menurunkan kadar gula darah sehingga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

2. Mandi air dingin bermanfaat untuk:

  • Mandi air dingin sangat cocok dilakukan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sensasi dingin yang menyegarkan membuat tubuh lebih bugar dan semangat.
  • Sama seperti air hangat, air dingin juga mampu mereduksi stres dengan merangsang produksi hormon nor-adrenalin dan beta-endorfin yang membuat tubuh lebih segar.
  • Manfaat medis lainnya adalah peran air dingin dalam meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Ketika mandi dengan air dingin, tubuh memproduksi lebih banyak panas untuk menyeimbangkan temperatur. Hal ini akan memicu metabolisme limpa bekerja lebih optimal dalam memerangi bakteri dan kuman dalam tubuh.
  • Mandi dengan air dingin juga menyehatkan paru-paru. Sensasi segarnya membuat napas terasa lebih ringan dan rileks.

Sumber: https://hamil.co.id

1
Halo, Selamat datang di Bayibu.com

Kirim Pesan Whatsapp seputar pembelian produk di Aimbebe (bayibu.com/shop)
Powered by