6 Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Menyusui Sampai Sembuh

Insomnia adalah gangguan tidur yang sangat umum. Masalahnya gangguan ini bisa menyerang ibu hamil yang akan membuat ibu hamil sulit tidur. Masalah tidak selesai begitu saja karena juga bisa terjadi pada ibu menyusui. Perjuangan untuk menyembuhkan insomnia pada ibu hamil akan terasa sampai bayi sudah lahir. Pemicu insomnia saat menyusui adalah karena faktor hormon, stres, kesibukan mengurus bayi dan sulitnya melewati pemulihan pasca persalinan. Karena itu insomnia harus dirawat sehingga tidak lebih parah. Berikut ini adalah cara mengatasi insomnia pada ibu menyusui sampai sembuh.

1. Tidur juga saat bayi tidur

Ketika ibu menyusui maka biasanya memang akan lebih lelah dari biasanya. Jika ibu tidak memiliki hambatan saat menyusui maka biasanya bayi juga akan nyaman. Segera setelah ada tanda bayi cukup ASI  maka biasanya bayi akan tertidur lelap. Saat itu ibu bisa mencoba untuk ikut tidur dan tidak perlu merasa malu. Hindari melakukan pekerjaan rumah tangga dulu dan upayakan bisa tidur dengan nyaman.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Ketika ibu masih menjalani masa nifas setelah melahirkan maka tubuh ibu juga menjadi tidak nyaman. Hal ini bisa menyebabkan ibu sulit tidur sehingga terkena insomnia. Untuk mengatasinya maka cobalah mandi air hangat sebelum tidur. Air hangat bisa membuat tubuh ibu menjadi lebih santai. Otot tubuh yang mengalami kelelahan karena mengurus bayi bisa menjadi lebih santai. Dengan begitu ibu bisa santai dan tidur dengan nyaman.

3. Jangan terlalu lelah

Memang tugas ibu menyusui akan sangat berat. Ibu tidak hanya menyusui saja tapi juga melakukan pekerjaan rumah tangga lain. Hal ini akan membuat tubuh ibu lelah sehingga produksi hormon yang mengendalikan waktu tidur menjadi terganggu. Karena itu ibu bisa mencoba untuk mengatur jadwal dan membuat tubuh tidak terlalu lelah. Bahkan ibu bisa mencoba cara memerah ASI dengan tangan sehingga ketika bayi lapar maka bisa memberikan ASIP. Ibu juga bisa keluar rumah sejenak untuk istirahat.

4. Mengikuti pola tidur bayi

Terkadang memang ada keadaan ketika bayi susah tidur  pada siang malam hari. Kebiasaan ini yang akan membuat ibu harus terjaga sepanjang malam untuk merawat bayi. Mau atau tidak mau ternyata ini juga yang akan membuat ibu menyusui terkena insomnia. Karena itu untuk melawan masalah ini maka ibu bisa mengikuti pola tidur bayi. Ibu bisa tidur saat bayi tidur dan mengikuti semua waktu bayi.

5. Hindari stres

Masalah lain yang juga menyerang ibu menyusui adalah stres. Stres bisa terjadi karena waktu untuk mengurus bayi yang sangat banyak dan merasa beban yang berat. Terkadang ibu juga bisa merasa bahwa ibu tidak bisa menjadi ibu yang baik. Hal ini bisa membuat ibu sulit tidur dan sangat tertekan. Untuk mengatasi kondisi ini maka sebaiknya ibu mengendalikan rasa tertekan dan stres. Ibu bisa melakukan yoga, meditasi atau berjalan-jalan dengan pasangan saja.

6. Hindari kafein

Ibu juga bisa mencoba untuk menghindari kafein. Kafein bisa menjadi bahan yang sangat buruk untuk kesehatan terutama menyebabkan insomnia. Memang kafein tidak menyebabkan dampak langsung pada bayi yang mendapatkan ASI. Tapi efek kafein juga bisa memicu hal yang sangat buruk untuk tubuh ibu. Jadi lebih baik minum jus dan air putih yang cukup daripada kopi atau minuman bersoda.

Begitulah cara mengatasi insomnia pada ibu menyusui sampai sembuh. Semua ibu menyusui yang mengalami kondisi tersebut bisa mencoba cara yang alami ini. Jika masih belum pulih maka hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan.

Sumber: https://hamil.co.id/

1
Halo, Selamat datang di Bayibu.com

Kirim Pesan Whatsapp seputar pembelian produk di Aimbebe (bayibu.com/shop)
Powered by