4 Tips Memilih Peralatan Makan yang Aman Untuk Anak

Menjelang pemberian MPASI pada anak, orang tua tentu sangat antusias menyambut momen ini. Salah satu persiapan yang dilakukan orang tua adalah menyiapkan keperluan MPASI mulai dari resep, alat masak dan peralatan makan. Bagaimana cara memilih peralatan makan dan minum yang baik untuk anak?

Tips memilih peralatan makan anak yang aman

Saat memilih peralatan makan anak, apa pertimbangan utama Anda? Banyak orang tua memilih peralatan makan yang bergambar lucu atau gambar karakter kesukaan anak agar dapat meningkatkan nafsu makan anak. Pertimbangan tersebut tidak salah Bunda, hanya saja ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan. Berikut ini tips memilih perlengkapan makan untuk anak:

1. Pastikan berlogo food grade

Pilih peralatan makanan anak yang berlogo food grade. Peralatan makan dengan logo food grade mungkin akan sedikit lebih mahal namun lebih aman bagi si kecil. Peralatan makan yang berlogo food grade memiliki risiko rendah untuk tercemar zat berbahaya.

2. Pilih yang bebas BPA

BPA atau Bisphenol-A adalah zat berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan mengganggu kelenjar endokrin. Salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah peralatan makan anak mengandung BPA atau tidak adalah dengan melihat simbol segitiga yang berbentuk panah berisi angka. Jika terdapat angka 7, atau bertuliskan PC, maka peralatan tersebut mengandung BPA.

Menurut Hong dan Gae dalam penelitiannya yang berjudul “Exposure to Bisphenol A from Drinking Canned Beverage Increases Blood Pressure” tahun 2014 yang diterbitkan oleh American Heart Association Journal, BPA dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa BPA dapat menyebabkan, antara lain:

  1. Obesitas
  2. Efek neurologis (saraf), seperti hiperaktif dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
  3. Kanker: payudara, otak, leukemia, prostat
  4. Kelainan organ reproduksi dan kelainan kebiasaan seksual
  5. Penyakit jantung
  6. Asma

3. Bebas Poly vinil chloride (PVC)

PVC merupakan bahan plastik yang sering diginakan sebagai bahan dasar bangunan dan bahan baku plastik mainan anak. Bahan ini berbahaya jika digunakan sebagai alat makan karena dikenal sebagai pemicu kanker.

Bahan ini mengandung BPA dan phthalates yang dapat dilepaskan ke dalam makanan dan minuman Lalu, sebaiknya Bunda pilih yang mana, dong? Amati kemasan plastik, biasanya tertera angka di dalam gambar segitiga. Plastik yang sebaiknya digunakan untuk kemasan makanan adalah nomor 1, 2, 4, dan 5. Sedangkan yang harus dihindari adalah nomor 3, 6 (polystyrene atau PS, larutan racun styrene dapat masuk ke dalam makanan terutama jika dipanaskan), dan 7.

4. Waspada dengan peralatan makan bahan melamin

Untuk peralatan makan bayi, penggunaan melamin cenderung lebih aman daripada palstik tradisional. Semua peralatan makan berbahan dasar melamin sebenarnya aman untuk bayi, namun sebaiknya segera ganti peralatan makan tersebut apabila sudah muncul goresan pada peralatan makan bahan melamin. Goresan pada peralatan makan dapat menyebabkan BPA bocor dan berbahaya bagi pencernaan anak.

Sumber: https://doktersehat.com/ & https://www.milna.com/

Open chat
1
Halo, Selamat datang di Bayibu.com

Kirim Pesan Whatsapp seputar pembelian produk di Aimbebe (bayibu.com/shop)
Powered by