9 Cara yang Harus Ibu Hamil Lakukan Untuk Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir

Bunda sedang menanti proses persalinan? Cepat atau lambatnya proses persalinan ditentukan oleh pembukaan jalan lahir. Pembukaan jalan lahir ditandai dengan membukanya lebar mulut rahim (serviks), biasanya dihitung dengan istilah bukaan 1,2,3 hingga 10.

Menjelang persalinan, mulut lahir akan menjadi lunak dan melebar. Problemnya, tak semua ibu hamil menjalani proses pembukaan yang cepat atau mudah. Sebagian ibu hamil mengalami proses pembukaan yang lama.

Proses pembukaan mulut rahim setiap ibu berbeda. Setiap persalinan memilki keunikan masing-masing. Biasanya, ibu yang baru pertama kali menghadapi persalinan, proses pembukaan terjadi lebih lama. Berbeda dengan para ibu yang sebelumnya pernah melahirkan.

Ada beberapa upaya yang dapat Bunda lakukan untuk mempercepat pembukaan jalan lahir, yaitu:

1. Sering jalan kaki

Di masa-masa menunggu waktu persalinan, usahakan ibu untuk sering berjalan kaki. Kenapa? Karena gabungan antara gerakan tubuh dan gravitasi akan membantu janin cepat turun ke jalan lahir.

Selain itu, tekanan pada kepala janin pada mulut rahim akan membantu mempercepat pembukaan. Jalan kaki juga membantu menstimulasi kontraksi yang kemudian mendorong proses pembukaan. Mintalah didampingi atau ditemani selama melakukan aktivvitas ini agar lebih aman dan nyaman.

2. Gunakan Ball Birth

Ball birth dapat membantu Bunda mengurangi rasa nyeri pada punggung, saat kontraksi dan saat persalinan. Selain itu, ball birth juga membantu menyiapkan otot tubuh untuk proses melahirkan nanti, meringankan kecemasan dan mempercepat proses pembukaan.

Cara menggunakan ball birth ini relatif gampang, yaitu posisi Bunda duduk atau berjongkok di atasnya. Bunda akan merasa otot panggul menjadi rileks. Agar lebih terasa nyaman dan efisien hasilnya, duduklah di atas ball birth dengan kaki terbentang. Lalu, topang punggung Bunda dengan dinding atau kursi.

3. Berolahraga ringan

Selain melakukan jalan kaki dengan jarak dekat, alternatif lain yang bisa Bunda lakukan adalah latihan naik-turun tangga dengan pelan dan langkah panjang. Kemudian, berjalan lebih lebar dan lambat. Hal-hal tersebut juga membantu mempercepat proses pembukaan karena meregangkan dan melebarkan serviks.

4. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi relaks. Dengan suasana seperti itu, Bunda dapat mengurangi ketegangan tegang dan justru dapat mempercepat kontraksi dan pembukaan jalan lahir.

Selain mandi air hangat, Bunda juga dapat berendam atau berbaring di bath tub air hangat. Namun, pastikan ada yang menemani atau membantu Bunda ketika masuk dan keluar dari bath tub.

Suasana relaks juga bisa Bunda dapatkan dengan mendengarkan musik beirama tenang. Bunda juga dapat meminta suami atau seseorang untuk memijat lembut. Cara-cara seperti ini juga menghasilkan manfaat untuk mempercepat proses pembukaan persalinan.

5. Buang air kecil teratur

Kandung kemih yang penuh dapat menghambat kontraksi. Hal ini menyebabkan adanya tekanan pada serviks yang bisa memperlambat pembukaan jalan lahir. Karena itu, pastikan Bunda untuk secara teratur buang air kecil.

6. Stimulasi puting susu

Salah satu cara efektif untuk melebarkan mulut rahim adalah stimulasi puting susu. Ya, cara alami ini terbukti bisa membantu proses persalinan lebih cepat karena memicu pelepasan oksitosin yang menimbulkan kontraksi rahim.

Memang tak berhubungan langsung dengan pembukaan serviks, akan tetapi stimulasi atau perangsangan untuk persalinan ini akan sangat membantu.

Stimulasi puting susu dapat dilakukan secara manual, menggunakan pompa payudara atau minta partisipasi suami. Cukup lakukan stimulasi satu puting setiap lima menit sekali, lalu istirahat sela kontraksi. Jadi, tak perlu stimulasi secara berlebihan.

7. Berhubungan intim

Selain stimulasi puting, bisa juga dilakukan stimulasi seks atau berhubungan intim. Ya, orgasme membuat tubuh melepasan oksitosin sehingga membantu kontraksi rahim. Zat kimia prostaglandin yang terkandung di dalam air mani ternyata membantu pelebaran serviks lebih cepat.

8. Tindakan akupresur

Metode akupresur berupa penekanan dengan ibu jari pada titik tertentu, yaitu di sela antara telunjuk dan ibu jari. Titik tekanan ini membantu pelebaran serviks. Lakukan penekanan selama satu menit atau kurang, lalu istirahat selama dua menit. Kemudian, ulangi lagi hingga Bunda rasa cukup.

9. Metode medis

Bila pembukaan tak kunjung maju atau perkembangan pembukaan ternyata lama, dokter akan menyarankan konsumsi obat untuk melebarkan dan melembutkan leher rahim.

Berikut di antaranya:

  • Misoprostol merupakan prostaglandin yang mampu membuat leher rahim menjadi lembut. Misoprostol ini relatif aman dan murah.
  • Dinoprostone serupa dan juga prostaglandin. Obat ini disemprotkan ke dalam lubang leher rahim atau dimasukkan ke dalam vagina dalam bentuk supositoria.
  • Enzim hyaluronidase. Caranya, disuntikkan ke dalam leher rahim untuk melembutkan dan melebarkannya.
  • Moms juga dapat berbicara dengan dokter tentang kemungkinan pengobatan intravena (infus atau suntikan).

Semoga proses persalinan Bunda berlangsung lancar dan nyaman

Sumber: newkidscenter.com, whattoexpect.com

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *