7 Hal yang Wajar Dialami Saat Hamil Tua

Ketika sudah menginjak trimester akhir kehamilan atau sudah hamil tua, akan ada sejumlah perubahan baru yang dirasakan dan terjadi pada tubuh. Bayi dalam kandungan akan tumbuh sangat cepat di trimester akhir. Saat usia kehamilan sudah memasukai minggu ke-34, posisi kepala bayi biasanya akan turun untuk bersiap dilahirkan.

Ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil tua. Perubahan-perubahan ini pun mungkin akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, tak perlu cemas karena memang saat hamil tua, ada sejumlah perubahan yang akan terjadi pada tubuh yang berbeda dari trimester sebelumnya.

Berikut Hal-Hal yang Wajar Dialami Saat Hamil Tua

Seperti yang dilansir oleh obgynwc.com, karena bayi berkembang cukup cepat maka kita akan merasakan banyak sekali pergerakan atau aktivitas janin. Hal-hal ini pun umumnya akan kita rasakan.

  1. Perut terasa gatal. Karena bayi sedang tumbuh, maka ligamen-ligamen kita akan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. selain itu, kita akan merasakan nyeri atau kram di punggung bawah.
  2. Makin gampang merasa capek. Energi kita akan cepat habis karena pertumbuhan bayi yang semakin cepat. Di sini, kita wajib memenuhi nutrisi tubuh dan mencukupi kebutuhan istirahat dengan baik.
  3. Sering mengalami heartburn. Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada. Kondisi ini bisa dialami ibu hamil karena rahim yang menekan perut makin ke atas.
  4. Muncul stretch marks. Karena perut yang makin membesar, maka kulit perut akan semakin melar. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan pelembap yang khusus untuk mengatasi stretch marks pada ibu hamil.
  5. Sakit atau nyeri punggung. Kondisi ini bisa disebabkan karena kondisi perut yang membesar makin terasa berat karena tarikan gravitasi.
  6. Mimpi terasa makin intens dan penuh warna. Pengaruh perubahan hormon bisa mempengaruhi mimpi yang kita peroleh saat tidur. Biasanya mimpi akan terasa makin jelas dan penuh warna.
  7. Payudara mengeluarkan ASI. Hal ini juga wajar karena pada dasarnya tubuh sedang mempersiapkan diri untuk menyusui setelah melahirkan.

Selama hamil tua, kita akan mengalami sejumlah perubahan dan hal-hal yang mungkin berbeda dari trimester sebelumnya. Tak perlu panik atau cemas berlebih menghadapinya. Kalau perlu selalu konsultasikan dan periksakan diri ke dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi, ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *