10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil agar Bayi Tumbuh Cerdas

Beberapa orang tua pastinya mendambakan calon bayinya hadir ke dunia tumbuh cerdas. Karena itu, banyak usaha-usaha yang dilakukan termasuk soal asupan ketika hamil.

Perkembangan kognitif bayi bahkan sudah di mulai sejak dari rahim. Jika Bunda ingin si calon dedek bayi tumbuh dengan cerdas, coba berikan asupan terbaik bahkan sejak Bunda mereka di dalam kandungan.

Maka nggak heran banyak dokter yang merekomendasikan Bunda untuk mengonsumsi vitamin D, asam folat, dan suplemen zat besi selama kehamilan. Karena, makanan yang Bunda makan cenderung memengaruhi perkembangan kognitif si calon dedek bayi.

Nah, berikut beberapa jenis makanan terbaik agar si calon bayi tumbuh cerdas dilansir Parenting. Cek halaman selanjutnya ya Bunda.

1. Ikan

Asam lemak omega-3 merupakan bagian integral dari perkembangan otak bayi kita. Bumil (ibu hamil) disarankan makan salmon untuk melahirkan anak yang cerdas. Usahakan untuk makan setidaknya dua porsi ikan atau lebih per minggu. Pilihan lain adalah makanan laut seperti tiram yang kaya akan yodium. Wanita hamil dengan kadar yodium rendah, dapat memengaruhi kecerdasan bayinya pula.

2. Sayuran berdaun hijau

Bayan dan lentil hingga sayuran berdaun hijau kaya akan asam folat lho Bunda. Coba makan buah-buahan dan sayuran lebih banyak, karena penting untuk menjaga otak bayi kita terlindungi dari kerusakan jaringan. Pastikan Bunda mencuci semua buah dan sayuran sebelum memotongnya. Soalnya, kuman bisa masuk melalui daging saat dipotong.

Asam folat dalam sayuran juga dikenal ampun mengurangi risiko cacat tabung saraf dan mengurangi risiko bibir sumbing dan berbagai cacat jantung pada bayi. Asam folat juga mengurangi risiko Bunda terkena preeklampsia selama kehamilan.

3. Blueberry

Blueberry adalah makanan kaya antioksidan untuk bayi yang akan membantu perkembangan kognitifnya. Alternatif lain untuk blueberry adalah stroberi, raspberry, blackberry, tomat, kacang, dan artichoke.

4. Telur

Telur mengandung protein tinggi dan rendah kalori, terutama telur rebus. Telur mengandung asam amino yang disebut kolin dan telah terbukti membantu dalam perkembangan otak dan meningkatkan memori. Hindari telur yang tidak dimasak hingga matang karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

5. Kacang almond

Kacang almond mengandung lemak, magnesium, vitamin E, dan protein yang sehat. Konsumsi segenggam almond setiap hari sangat direkomendasikan untuk melahirkan anak-anak yang cerdas. Makan kacang selama hamil juga dapat membantu bayi mengembangkan kecerdasan. Tak ada almond? Kacang walnut juga kaya akan Omega-3 yang sehat lho Bunda.

6. Yogurt

Makanan kaya protein diperlukan untuk membentuk sel-sel saraf yang sehat di dalam rahim ibu untuk perkembangan kognitif bayi. Makanan mengandung probiotik bisa memberi sedikit kalsium untuk perkembangan tulang bayi juga. Banyak yang merekomendasikan Yogurt Yunani, karena mengandung cukup kandungan yodium di dalamnya, sehingga mencegah berat badan lahir rendah.

7. Keju

Vitamin D sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi. Ibu hamil dengan asupan vitamin D rendah dapat melahirkan bayi dengan tingkat IQ rendah. Jika Bunda menginginkan bayi yang cerdas dengan IQ sehat, mulai jadwalkan makan keju, Bun.

8. Biji labu

Biji labu kaya akan zinc. Zinc adalah mineral yang terkenal untuk mempromosikan struktur otak yang tepat dan membantu dalam pemrosesan informasi kognitif. Biji labu kaya akan nutrisi dan juga sumber antioksidan yang kaya.

9. Kacang polong

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke sel-sel saraf di otak bayi. Kacang mengandung banyak zat besi, itulah sebabnya ibu hamil dianjurkan konsumsi kacang polong. Makanan kaya zat besi lain yang layak ditambahkan ke menu diet adalah bayam, ara, ayam, dan kismis. Makan kismis dalam jumlah sedang untuk menjaga kadar gula Anda tetap terkendali.

10. Susu

Kurangnya kandungan zat besi pada ibu hamil menyebabkan keterbelakangan mental dan bisa memengaruhi perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan. Susu membantu mengembangkan fungsi kognitif yang sehat dan mendukung perkembangan otak pada bayi sebelum kelahiran.

Ingat, makan yang Bunda makan dapat memengaruhi perkembangan bayi. Pilih makanan segar dan organik untuk Bunda makan selama hamil. Hindari daging mentah, ikan dengan merkuri, kerang-kerangan mentah dan kafein karena ini meningkatkan kemungkinan kontaminasi dan keguguran. Kalau Bunda masih ingin menambahkan dengan beberapa suplemen seperti zat besi, vitamin D dan asam folat, coba konsultasikan ke dokter ya, Bun.

Open chat
1
Halo, Selamat datang di Bayibu.com

Kirim Pesan Whatsapp seputar pembelian produk di Aimbebe (bayibu.com/shop)